“PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TENTANG CARA
BERKENDARA YANG BAIK”
What
?
|
“Pembuatan Aplikasi Multimedia
Pembelajaran tentang Cara Berkendara yang Baik”
|
Who ?
|
Jurnal
ini dibuat oleh Lisana, dan membuat riset ini merujuk pada tokoh-tokoh
yang terkait seperti : (Chandra, I.) . (Cook, M. E.)
. (Heinich, M. R.) . (Krigsman, M)
.
(Rustan, S.)
. (Roberts, S.) . (Vaughan,T.)
|
When & Where?
|
Dilakukan
sama pada saat penelitian November 2011 yakni di lingkungan masyarakat
metode
ini di buat untuk para pengguna kendaraan.
|
Why
?
|
Dengan adanya aplikasi pembelajaran
berbasis
multimedia ini diharapkan masyarakat,
dalam hal ini
masyarakat yang akan membuat SIM (Surat
Ijin Mengemudi), lebih mudah untuk memahami cara berkendara yang baik dan mengetahui maksud dan tujuan rambu-rambu lalu lintas.
|
How
?
|
Ada enam bentuk interaksi pembelajaran
yang dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah media pembelajaran interaktif untuk sistem pembelajaran dengan komputer [3]. Bentuk-bentuk interaksi
tersebut antara lain berupa latihan dan praktek, tutorial, permainan, simulasi, penemuan, dan pemecahan masalah.
|

“PEMBUATAN APLIKASI SHALAT
BERBASIS ANDROID”
What
?
|
“Pembuatan aplikasi shalat
berbasis android”
|
Who ?
|
Jurnal
ini dibuat Fiet Romdhani dengan tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Elvrilla, Septri)
. (Hasan, Moh) . (Mistari, Rengga Asmara, Rizky Yuniar
Hakkun)
. (Nur, Fatahuddin, Abdul Rokhim B.A) . (Rouf,
Muh) . (Safaat H, Nazruddin)
. (Safaat H, Nazruddin)
|
When & Where?
|
Riset
ini dilakukan dalam waktu yang sama di Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi
Informasi, Universitas Gunadarma Jalan Margonda Raya no. 100 Depok
Adapun batasan masalah yang ada
yaitu ,
sebuah
aplikasi belajar shalat lima waktu disertai dengan gambar posisi shalat,
bacaan
shalat, arti bacaan shalat dan suara bacaan shalat yang dibuat
menggunakan
Eclipse dengan bahasa pemrograman Java..
|
Why
?
|
penulisan
ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang masih belajar
shalat dan masih sering lupa atau tertukar dalam bacaan shalat.
|
How
?
|
Riset dilakukan dengan menganalisis kebutuhan /
masalah yang di hadapkan.
metode yang dilakukan yakni dimulai dari perancangan struktur navigasi, perancangan aplikasi, algoritma pembuatan
aplikasi, dan diteruskan dengan pembuatan aplikasi
serta uji coba aplikasi. Pembuatan
aplikasi shalat berbasis Android menggunakan
bahasa pemrograman Java.
|

“RANCANG
BANGUN PERANGKAT LUNAK TUNTUNAN SHALAT WAJIB UNTUK
ANAK-ANAK
USIA DINI BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN
MACROMEDIA
FLASH 8”
What
?
|
“Rancang bangun perangkat
lunak tuntunan shalat wajib untuk Anak-anak usia dini berbasis multimedia
menggunakan Macromedia flash 8”
|
Who ?
|
Jurnal
ini dibuat Ade endra petriyadi dengan tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Mahdi,A) .
|
When & Where?
|
Riset
ini dilakukan dalam waktu yang sama yakni di Lingkungan sekolah terutama
lingkungan sekolah dengan usia rata-rata 5-10 th.
Adapun batasan masalah yang ada
yaitu ,
Rancang Bangun Perangkat Lunak
Tuntunan Shalat Wajib Untuk Anakanak Usia Dini Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash 8. Untuk mencapai
sebuah hasil yang berguna bagi masyarakat banyak dan mempermudah sistem dalam tahap belajar dan mengajar untuk
semua kalangan masyarakat.
|
Why
?
|
Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah :
1.
Membuat aplikasi tuntunan wudhu shalat
wajib
ini yang implementasinya untuk Anak-anak usia dini untuk belajar shalat
wajib.
2.
Mengubah cara belajar
konvensional
menjadi cara belajar simulasi dengan aplikasi tuntunan shalat wajib.
3.
Mendidik Anak-anak usia dini
dalam
belajar shalat wajib, karena memiliki unsur kerohanian.
|
How
?
|
Untuk Memperoleh data-data,informasi yang lengkap
dalam merancang sebuah aplikasi tuntunan shalat wajib, maka
digunakan metode-metode
sebagai berikut :
1. Penelitian kepustakaan ( Library
Research ) yaitu dengan membaca
buku, bahan kuliah,
majalah, karya ilmiah, buku tuntuna shalat
wajib, ataupun
sumber-sumber lainnya yang berhubungan dengan
penulisan SKRIPSI ini.
2. Membuat perancangan program
yang akan dijadikan acuan
dalam tahap pembuatan Aplikasi
Tuntunan Shalat Wajib
dengan menggunakan Macromedia Flash
8.0. “ dan “ Sound “ yang akan
menambah kesempurnaan
animasi.
3. Menguji aplikasi yang telah
dibuat untuk mencari
kesalahan dan memperbaiki kesalahan yangada.
4. Penyusunan laporan dilakukan
untuk memberikan
penjelasan berkaitan dengan program
aplikasi yang akan dibuat
dan juga sebagai dokumentasi
penyusunan SKRIPSI.
|

“RANCANG
BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS MULTIMEDIA
INTERAKTIF DAN WEB”
What
?
|
“Rancang bangun aplikasi pembelajaran agama islam
untuk anak-anak berbasis multimedia interaktif dan web”
|
Who ?
|
Jurnal ini dibuat Idhawati Hestiningsih, Budi Suyanto, Ahmad Ilyas, Dimas Adi Nugroho dengan tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Wulandari,
Tr) . (Firmanadi,
Nurachmad D) . (Sudibyo,
Arly Is) . (Prihastomo,
Yoga.) . (Allen,
Rob and Nick,Loc) . (_____,)
|
When & Where?
|
Riset
ini dilakukan dalam waktu yang sama yakni di Lingkungan masyarakat terutama
orang tua yang ingin mendidik anaknya yang berusia dini.
Adapun batasan masalah yang ada
yaitu ,
1.
Mengambil
perhatian niat anak-anak untuk belajar
2.
aplikasi
menyediakan tuntunan pembelajaran agama islam
|
Why
?
|
Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah :
a.
Memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam mendapatkan dan pengaksesan suatu
informasi tentang agama Islam.
b.
Menyampaikan informasi secara terstruktur dan konsisten kepada anak-anak
dalam format teks, gambar, grafik, video animasi dan suara yang dikemas dalam
satu paket situs web multimedia.
c.
Memberikan pembelajaran dengan multimedia yaitu grafik dan animasi yang
menarik dan interaktif sehingga anak-anak tidak bosan dan lebih menyerap
informasi yang disampaikan.
d.
Memberikan kemudahan dalam pengaksesan dengan teknologi cross platform
sehingga kompatibel dengan peramban web manapun.
|
How
?
|
Subjek penelitian ini adalah membuat rancang bangun
aplikasi pembelajaran agama Islam untuk anak-anak berbasis multimedia
interaktif dan web. Aplikasi yang selanjutnya disebut Anak Sholeh ini
memuat materi pembelajaran meliputi materi sholat fardu (niat sholat,
jumlah rakaat, tata cara sholat), Asmaul Husna (99 Nama Baik
Allah SWT), silsilah nabi (Nabi Adam hingga Muhammad), sejarah/peristiwa
penting dalam Islam (Lailatul Qodar, Ramadhan, Idul Qurban,
Isra’ Miraj), pengenalan huruf hijaiyah dengan tiga tanda baca
dasar (alif, kasrah, dhommah), dan doa sehari-hari (doa makan, doa tidur, doa
masuk dan keluar masjid, doa masuk dan keluar rumah, doa untuk orang tua, doa
belajar). Data materi pembelajaran diperoleh dengan cara studi literatur
tentang agama Islam untuk anak-anak. Setelah data materi disiapkan maka
selanjutnya dilakukan analisis, perancangan dan implementasi sistem.
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar