Minggu, 17 November 2013

Resume Jurnal dengan metode 5w + 1 H


“PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TENTANG CARA BERKENDARA YANG BAIK”

What  ?
Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran tentang Cara Berkendara yang Baik
Who  ?
Jurnal ini dibuat oleh Lisana, dan membuat riset ini merujuk pada tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Chandra, I.) . (Cook, M. E.) . (Heinich, M. R.) . (Krigsman, M) .
(Rustan, S.) . (Roberts, S.) . (Vaughan,T.)
When & Where?
Dilakukan sama pada saat penelitian November 2011 yakni di lingkungan masyarakat
metode ini di buat untuk para pengguna kendaraan.
Why ?
Dengan adanya aplikasi pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan masyarakat, dalam hal ini masyarakat yang akan membuat SIM (Surat Ijin Mengemudi), lebih mudah untuk memahami cara berkendara yang baik dan mengetahui maksud dan tujuan rambu-rambu lalu lintas.
How ?
Ada enam bentuk interaksi pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah media pembelajaran interaktif untuk sistem pembelajaran dengan komputer [3]. Bentuk-bentuk interaksi tersebut antara lain berupa latihan dan praktek, tutorial, permainan, simulasi, penemuan, dan pemecahan masalah.





“PEMBUATAN APLIKASI SHALAT BERBASIS ANDROID”
What  ?
“Pembuatan aplikasi shalat berbasis android”
Who  ?
Jurnal ini dibuat Fiet Romdhani dengan  tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Elvrilla, Septri) . (Hasan, Moh) . (Mistari, Rengga Asmara, Rizky Yuniar
Hakkun) . (Nur, Fatahuddin, Abdul Rokhim B.A) . (Rouf, Muh) . (Safaat H, Nazruddin) . (Safaat H, Nazruddin)
When & Where?
Riset ini dilakukan dalam waktu yang sama di Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma Jalan Margonda Raya no. 100 Depok
Adapun batasan masalah yang ada yaitu ,
sebuah aplikasi belajar shalat lima waktu disertai dengan gambar posisi shalat,
bacaan shalat, arti bacaan shalat dan suara bacaan shalat yang dibuat
menggunakan Eclipse dengan bahasa pemrograman Java..
Why ?
penulisan ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang masih belajar shalat dan masih sering lupa atau tertukar dalam bacaan shalat.
How ?
Riset dilakukan dengan menganalisis kebutuhan / masalah yang di hadapkan.
metode yang dilakukan yakni dimulai dari perancangan struktur navigasi, perancangan aplikasi, algoritma pembuatan
aplikasi, dan diteruskan dengan pembuatan aplikasi serta uji coba aplikasi. Pembuatan
aplikasi shalat berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

“RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK TUNTUNAN SHALAT WAJIB UNTUK
ANAK-ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN
MACROMEDIA FLASH 8”
What  ?
Rancang bangun perangkat lunak tuntunan shalat wajib untuk Anak-anak usia dini berbasis multimedia menggunakan Macromedia flash 8”
Who  ?
Jurnal ini dibuat Ade endra petriyadi dengan  tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Mahdi,A) .
When & Where?
Riset ini dilakukan dalam waktu yang sama yakni di Lingkungan sekolah terutama lingkungan sekolah dengan usia rata-rata 5-10 th.
Adapun batasan masalah yang ada yaitu ,
Rancang Bangun Perangkat Lunak Tuntunan Shalat Wajib Untuk Anakanak Usia Dini Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash 8. Untuk mencapai sebuah hasil yang berguna bagi masyarakat banyak dan mempermudah sistem dalam tahap belajar dan mengajar untuk semua kalangan masyarakat.
Why ?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
1. Membuat aplikasi tuntunan wudhu shalat
wajib ini yang implementasinya untuk Anak-anak usia dini untuk belajar shalat wajib.
2. Mengubah cara belajar
konvensional menjadi cara belajar simulasi dengan aplikasi tuntunan shalat wajib.
3. Mendidik Anak-anak usia dini
dalam belajar shalat wajib, karena memiliki unsur kerohanian.
How ?
Untuk Memperoleh data-data,informasi yang lengkap dalam merancang sebuah aplikasi tuntunan shalat wajib, maka digunakan metode-metode sebagai berikut :
1. Penelitian kepustakaan ( Library Research ) yaitu dengan membaca buku, bahan kuliah, majalah, karya ilmiah, buku tuntuna shalat wajib, ataupun sumber-sumber lainnya yang berhubungan dengan penulisan SKRIPSI ini.
2. Membuat perancangan program yang akan dijadikan acuan dalam tahap pembuatan Aplikasi Tuntunan Shalat Wajib dengan menggunakan Macromedia Flash 8.0. “ dan “ Sound “ yang akan menambah kesempurnaan animasi.
3. Menguji aplikasi yang telah dibuat untuk mencari kesalahan dan memperbaiki kesalahan yangada.
4. Penyusunan laporan dilakukan untuk memberikan penjelasan berkaitan dengan program aplikasi yang akan dibuat dan juga sebagai dokumentasi penyusunan SKRIPSI.









“RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN WEB”
                                                                                                                           
What  ?
“Rancang bangun aplikasi pembelajaran agama islam untuk anak-anak berbasis multimedia interaktif dan web”
Who  ?
Jurnal ini dibuat Idhawati Hestiningsih, Budi Suyanto, Ahmad Ilyas, Dimas Adi Nugroho dengan  tokoh-tokoh yang terkait seperti : (Wulandari, Tr) . (Firmanadi, Nurachmad D) . (Sudibyo, Arly Is) . (Prihastomo, Yoga.) . (Allen, Rob and Nick,Loc) . (_____,)
When & Where?
Riset ini dilakukan dalam waktu yang sama yakni di Lingkungan masyarakat terutama orang tua yang ingin mendidik anaknya yang berusia dini.
Adapun batasan masalah yang ada yaitu ,
1.      Mengambil perhatian niat anak-anak untuk belajar
2.      aplikasi menyediakan tuntunan pembelajaran agama islam
Why ?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
a. Memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam mendapatkan dan pengaksesan suatu informasi tentang agama Islam.
b. Menyampaikan informasi secara terstruktur dan konsisten kepada anak-anak dalam format teks, gambar, grafik, video animasi dan suara yang dikemas dalam satu paket situs web multimedia.
c. Memberikan pembelajaran dengan multimedia yaitu grafik dan animasi yang menarik dan interaktif sehingga anak-anak tidak bosan dan lebih menyerap informasi yang disampaikan.
d. Memberikan kemudahan dalam pengaksesan dengan teknologi cross platform sehingga kompatibel dengan peramban web manapun.
How ?
Subjek penelitian ini adalah membuat rancang bangun aplikasi pembelajaran agama Islam untuk anak-anak berbasis multimedia interaktif dan web. Aplikasi yang selanjutnya disebut Anak Sholeh ini memuat materi pembelajaran meliputi materi sholat fardu (niat sholat, jumlah rakaat, tata cara sholat), Asmaul Husna (99 Nama Baik Allah SWT), silsilah nabi (Nabi Adam hingga Muhammad), sejarah/peristiwa penting dalam Islam (Lailatul Qodar, Ramadhan, Idul Qurban, Isra’ Miraj), pengenalan huruf hijaiyah dengan tiga tanda baca dasar (alif, kasrah, dhommah), dan doa sehari-hari (doa makan, doa tidur, doa masuk dan keluar masjid, doa masuk dan keluar rumah, doa untuk orang tua, doa belajar). Data materi pembelajaran diperoleh dengan cara studi literatur tentang agama Islam untuk anak-anak. Setelah data materi disiapkan maka selanjutnya dilakukan analisis, perancangan dan implementasi sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar